Jangan Panik ! Jika kWh Listrik Menunjukan “Periksa”, Cobalah cara ini :

banner 468x60

Mynius.com – Ketika kWh Listrik anda menunjukan “Periksa” hal ini adalah masalah dan mengganggu, pasalnya anda tidak bisa mengisi Token listrik dirumah anda. Hal tersebut harus segera di tangani agar tidak terjadi masalah yang berarti.

Pada kesempatan kali ini Mynius.com akan berbagi informasi “Bagaimana cara untuk mengatasi kWh Meter yang menunjukan Periksa” :

banner 325x300

Baca Juga

Kode Rahasia kWh Meter Listrik PLN

1. Hubungi Layanan Call Center PLN

Kamu bisa hubungi Call Center PLN ke nomor 123 dan tambahkan kode area tempat tinggal kamu. Sebagai contoh, jika tinggal di Jakarta, maka gunakan format nomor (021) 123.

Perlu diingat, untuk menghubungi layanan ini melalui panggilan telepon, maka kamu akan dikenakan biaya pulsa. Untuk itu, pastikan pulsa yang kamu miliki cukup, sehingga sambungan tidak terputus saat masalah belum terselesaikan.

2. Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Di era yang sudah serba digital ini, PLN mempunyai Aplikasi untuk layanan kelistrikan yang modern dan sangat bermanfaat untuk pelanggan mengenai layanan PLN. Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut dengan nama PLN Mobile. Jika kamu pengguna Android gunakan PlayStore dan pengguna Apple gunakan AppStore.

Berikut ini cara melaporkan via Aplikasi PLN Mobile :

  1. Buka Aplikasi tersebut

    Gambar-1
  2. Pastikan kamu sudah memasukan ID Pelanggan dengan cara mengakses menu Profile>Layanan Saya. Jika belum pernah memasukan data ID Pelanggan silahkan pilih Tambah IDPel. Masukkan ID Pelanggan yang biasanya ada di meteran atau nomer ID yang digunakan ketika membeli pulsa listrik

    Gambar-2
  3. Kembali ke halaman utama aplikasi, pilih menu Pengaduan, lalu pilih kWh meteran saya menunjukkan “PERIKSA”

    Gambar-3
  4. Pilih Ajukan Pengaduan lalu pilih Mengerti
    Gambar-4.1 (Pengaduan)

    Gambar-4.1 (Mengerti)
  5. Pilih data pelanggan yang bermasalah, lalu pastikan lokasinya sudah sesuai dengan Map. Jika sudah dipilih Konfirmasi lalu pilih YA
    Gambar-5.1 (Pilih Data Pelanggan)

    Gambar-5.2 (Pilih Lokasi MAP)
  6. Lengkapi data yang diminta lalu pilih Lanjutkan

    Gambar-6
  7. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukan angka yang timbul dari aplikasi PLN mobile ke kwh meter yang bermasalah, Contoh: angka yang timbul pada aplikasi adalah 08, maka masukan angka tersebut ke kwh meter kamu lalu tekan enter. Nanti akan keluar angka yang timbul di kWh meter kamu. Selanjutnya masukan angka yang keluar dari kWh meter ke aplikasi PLN Mobile.
    Jika tidak ada angka yang keluar atau ada tulisan Nihil, silahkan pilih “Tidak ada angka yang keluar pada layar kWh meter”. Jangan lupa sertakan foto angka yang dikeluarkan meteran PLN, karena tanpa foto tidak akan bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

    Gambar-7
  8. Setelah selesai nanti akan ada petugas PLN yang menghubungi untuk memberikan kode untuk Clear Temper
  9. Matikan meteran lalu masukkan kode Clear Temper yang diberikan PLN.
  10. Nyalakan kembali meteran, jika tidak ada masalah tulisan Periksa akan hilang.
  11. Jika tulisan belum hilang, petugas PLN akan datang ke rumah untuk mengecek langsung.

Penyebab Meteran Listrik Menunjukan “PERIKSA”

Penyebab utama adanya tombol periksa di meteran adalah karena ada masalah di meteran. Bisa karena ada komponen meteran yang meleleh atau tidak bekerja semestinya. Munculnya indikator Menunjukan Periksa pada kWh meter digital biasanya indikator lampu clear temper juga menyala.

Semoga bermanfaat yah….

banner 591x885

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *